Rabu, 03 Juni 2015

Komunikasi Serial dan Data Transfer Rate Serial

Standard
KOMUNIKASI SERIAL



Pada postingan kali ini, mimin akan menjelaskan mengenai Komunikasi Serial.
Yang pertama adalah definisi dari Komunikasi Serial yaitu pengiriman data secara serial(data dikirim satu persatu secara berurutan), sehingga komunika siserial lebih lambat dari pada komunikasiparalel.

Komunikasi Serial dapat digunakan untuk menggantikan Komunikasi Parallel jalur data 8 bit dengan baik.Tidak saja memakan biaya yang lebih murah, namun dapat digunakan untuk menghubungkan dua peralatan yang sangat jauh. Misalnya menumpang pada kabel telpon.

Agar komunikasi serial dapat bekerja dengan baik, data byte harus diubah ke dalam bit-bit serial menggunakan peralatan yang disebut shift register parallel-in serial out, kemudian data dikirimkan hanya dengan satu jalur data saja. Hal yang serupa dikerjakan pada penerima, dimana penerima harus mengubah bit-bit serial yang diterimanya menjadi data byte yang persis seperti data semula pada pengirim, dengan menggunakan shift register serial-in parallel-out.Tentu saja jika data serial tersebut dikirim menumpang jalur telpon, maka dibutuhkan peralatan pengubah status digital 0s atau 1s menjadi sinyal suara audio. Peralatan seperti ini kemudian disebut modem (modulator/demudulator). Modulator sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal audio, sebaliknya Demodulator adalah sebagai mengubah kembali sinyal audio menjadi sinyal digital. Pada jarak yang sangat dekat, kita dapat menggunakan komunikasi serial sederhana dan tidak perlumodulasi. Seperti yang dapat kita lihat pada hubungan komputer kita dengan keyboard atau mouse.

1.1    Terdapat 2(dua) buah metode Komunikasi data serial , yaitu :

  1. Komunikasi Serial Synchronous
  2. Komunikasi Serial Asynchronous
Untuk lebih jelasnya dapat kalian kunjungi halaman ini 
Komunikasi Serial Synchronous dan Asynchronous.

1.2    Data Transfer Rate

Kecepatan tranfer data pada komunikasi data serial diukur dalam satuan BPS (bits persecond). Sebutan terkenal lainnya adalah baud rate. Namun Baud dan bps tidak serta merta adalah sama. Hal ini mengacu kepada fakta bahwa baud rate adalah terminology modem dan diartikan sebagai perubahan signal dalam satuan bit signal setiap detik. Sedang data tranfer rate penamaannya mengacu pada jumlah bit dari byte data yang ditransfer setiap detik.

Sementara itu kecepatan transfer data (data transfer rate) pada komputer tergantung pada jenis komunikasi yang diberlakukan atasnya. Seperti contoh, komputerPC - IBM model kuno dapat mentransfer data mulai dari 100 s/d 9600 bps. Namun pada saat sekarang kecepatan komunikasi serial menjadi sangat pesat. 56.000bps kemudian menjadi standar kecepatan pada modem. Namun para perancang komputer sepakat untuk membatasi kecepatan pada komunikasi serial Asynchronous hanya setinggi 100.000bps. Untuk kecepatan yang lebih tinggi mode Synchronous kemudian menjadi pilihan.

Nih Emoticonnya..!!


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar