Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer atau
dalam bahasa lain disebut human–computer interaction (HCI)
merupakan ilmu yang mempelajari hubungan perancangan, evaluasi, dan
implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia. HCI
pada prinsipnya melibatkan tiga komponen yaitu, pengguna, interaksi dan sistem
yang ada di komputer itu sendiri sehingga membuat sebuah sistem agar
dapat berkomunikasi(dialog) dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly).
Bukan hanya berfokus pada perancangan layout tampilan layar pada monitor user melainkan dari
sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful,
Usable, Used.
Seperti yang kita ketahui
bahwa prinsip kerja pada sebuah sistem komputer yaitu masukan, proses, dan
keluaran.
1. Input Unit/Masukan: Yaitu bagian yang menerima dan
memasukkan data dan instruksi.
2. CPU/Proses: Yaitu bagian yang melaksanakan dan
mengatur intsruksi, termasuk menghitung dammembandingkan.
3. Memory: Yaitu bagian yang berfungsi untuk
menyimpan data dan instruksi.
4.Output Unit/Keluaran: Yaitu bagian yang berfungsi
mengeluarkan hasil proses.
Ketika kita bekerja pada sebuah sistem komputer, secara tidak sadar bahwa kita sedang berinteraksi dengan komputer tersebut. Begitu pun dengan komputer itu sendiri juga melakukan interaksi terhadap kita. Tetapi komputer baru akan berinteraksi ketika kita memberikan instruksi atau memasukkan data terhadap komputer tersebut. Dan sebaliknya komputer tidak akan berinteraksi jika kita tidak memberikan instruksi atau memasukkan data.
Dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon.
Bidang – Bidang Yang Berkaitan Dengan Interaksi Manusia Dan Komputer
- Teknik Elektronika. Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
- Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
- Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
- Ilmu Bahasa. Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer.
- Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
- Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
- Desain grafis dan tipografi. Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Prinsip –
Prinsip Yang Terkait Dalam Interaksi Manusia Dan Komputer
1. User
Compatibility. Seorang perancang sistem harus benar-benar paham tentang
pengetahuan, cara berpikir dan cara menerima informasi dari user sehingga
sistem yang nantinya akan digunakan oleh userdapat membuat user lebih
produktif. Dan yang harus diperhatikan juga adalah bahwa perancang (designer)
atau developer tidak sama dengan user.
2. Product
Compability. Selalu memperhatikan dan mempertahankan kompatibilitas
antar produk, misalnya mampu mengorbankan User Interface yang
memungkinkan sistem lebih kompatibel.
3. Task
Compatibility. Rancanglah interface sistem sesua dengan
tugas dari user, jangan samapi user kesulitan
untuk menggunakannya, karena hal ini dapat menyebabkan aplikasi yang kita buat
tidak akan terpakai dan akhirnya tidak dapat membantu pekerjaan / tugas user.
4. Work
Flow Compatibility. Selalu mengorganisasikan setiap fungsinya sesuai
dengan kategori fungsinya sehingga dapat memfasilitasi sega perubahan
tugas user.
5. Consistency. Prinsip ini sudah jelas, bahwa
sistem harus konsisten terhadap fungsionalitas / kegunaan dari sistem
tersebut. Contoh sederhananya adalah ketika user menekan
tombol “save” maka proses yang terjadi adalah penyimpanan bukan hapus data.
6. Familiarity. Gunakanlah konsep, terminologi dan pengaturannya yang mudah
dipahami oleh user. Seperti ikon atau gambar “Recycle Bin” pada
Sistem Operasi Windows, ini membuktikan bahwa fokususer terhadap
gambar tersebut adalah file-file yang sudah dihapus
sebelumnya.
7. Simplicity. Kompleksitas
suatu aplikasi akan menimbulkan frustasi pada user itu
sendiri, maka dari itu gunakan system default pada aplikasi
yang dirancang. Maksudnya adalah sediakan dan utamakanlah fungsi – fungsi yang
benar-benar sesuai dengan tugas dari user. Usahakan agar tidak
menampilkan semua fungsionalitasnya.
8. Direct
Manipulation. Maksud dari prinsip ini adalah user dapat
langsung menyaksikan aksi sistem pada suatu objek. Contoh sederhana, pada saat
kita menekan mengetikkan huruf “A” maka di layar akan langsung muncul
huruf “A”.
9. Control.
System yang digunakan oleh user jangan sampai membuat user merasa frustasi dan
dikontrol oleh user.
10. WYSIWYG (What You See Is What You
Get) artinya adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar
dengan informasi di printed-output atau file.
11. Flexibility.
Prinsip ini merupakan yang sangat penting bagi user dengan keterbatasan fisik.
12. Responsiveness.
System harus selalu merespon dengan cepat apa yang di inputkan oleh user.
13. Invisible
Technology. Menyembunyikan detail teknis dari suatu sitem merupakan hal
yang sangat direkomendasikan dalam membuat User Interface.
Sehingga user tidak memiliki rasa khawatir dan ketakutan untuk
menggunakan aplikasinya.
14. Robutness. Sistem
harus mampu mentolerir kesalahan manusia baik disengaja maupun tidak disengaja
dan yang umunya tidak dapat dihindari. Menyediakan Recovery System merupakan
hal yang baik untuk mengimplementasikan prinsip ini.
15. Protection. pada
prinsip ini sistem seharusnya memproteksi kesalahan-kesalahan umum manusia.
Seperti pada saat kita menutup lembar kerja Microsoft Office yang belum kita
simpan sebelumnya, maka Office akan secara otomatis memberikan konfirmasi untuk
menyimpannya atau tidak
16. Ease of Learning & Ease of Use. Buatlah sistem yang mudah dipelajari bagi user
novice (awam). Hal ini akan memberikan motivasi kepada user tersebut
untuk menggunakannya.
Sumber : http://www.pendidikanku.org/2015/08/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputer.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
0 komentar:
Posting Komentar