Kamis, 30 Maret 2017

Mobile Aplikasi Detik.com dan Republika

TUGAS SOFTSKILL
MOBILE APLIKASI DETIK.COM & REPUBLIKA

Image result for gunadarma

Disusun oleh :
  • Dea Destiani L (22114576)
  • Dewi Indriyaningsih (22114578)
  • Eko Puji Hatmoko (23114470)
  • Fadhillah Akbar (23114751)


Dosen : AHMAD HIDAYAT
Kelas :  3 KB 08

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI KOMPUTER
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 16/17

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

    Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

    Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.







Bekasi, Maret 2017








Mobile Aplikasi
Sebelum membahas mengenai MOBILE APLIKASI DETIK.COM & REPUBLIKA, penulis akan membahas mengenai definisi dari Mobile Aplikasi itu sendiri. Aplikasi adalah sebuah program yang digunakan orang untuk melakukan sesuatu pada sistem komputer. Mobile  dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile yang berarti bahwa terminal telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, tanpa adanya pemutusan komunikasi.
Sistem aplikasi mobile merupakan aplikasi yang flexible penggunaannya dalam artian dapat digunakan walaupun pengguna berpindah-pindah tempat. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti pager, seperti telpon seluler dan PDA. Perangkat mobile mempunyai karakteristik, berikut dibawah ini merupakan karakteristiknya ;
  1. Ukuran yang kecil
Pada perkembangannya, ukuran perangkat mobile menjadi sangat kecil agar perangkat mobike lebih praktis, nyaman dan sangat mobilitas dalam penggunaannya.
  1. Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (DISK).
  1. Daya Proses terbatas
Sistem mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan mesin desktop
  1. Konsumsi daya rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikir daya dibandingkan dengan mesin desktop
  1. Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung.
  1. Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari Mereka selalu menyala.
Dalam pembahasan kali ini, penulis mereview sebuah mobile aplikasi yang cukup banyak digunakan dimasyarakat dalam mencari informasi maupun berita yaitu Mobile Aplikasi Detik.com dan Repubilka.
Ada beberapa hal point analisis yang kami tentukan dalam me-review mobile aplikasi ini, antara lain meliputi :
  1. Prinsip Usability
Prinsip Usability adalah pengoptimasian penggunaan sistem oleh penggunanya. Pada hal ini kita akan membahas mengenai kegunaan mobile aplikasi ini dalam penggunaannya di masyarakat. Detik.com & republika  merupakan sebuah situs berita popular,tidak hanya dapat diakses melalui web browser pada mobile handphone kedua situs ini kemudian mengembangkan situsnya agar dapat digunakan secara mobile dengan dibentuk dalam aplikasi.
Tujuannya agar penggunaannya lebih efisien, pengguna tidak perlu membuka situs berita melalui mesin desktop / melalui browser handphone. Serta dalam penggunaannya, user mobile handphone lebih di manjakan dengan berbagai  fitur-fitur yang lengkap melalui mobile aplikasi, dibandingkan melalui web browser.

  1. Analisa Tugas
Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan dalam bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Dengan adanya berita, kita dapat mengetahui segala informasi dari luar, yang belum kita ketahui mengenai sebuah tragedi bencana alam, berita olahraga, berita kesehatan, berita dalam negara, berita luar negara maupun berita mengenai tokoh popular dan masih banyak lagi.
Detik.com & Republik merupakan situs penyedia layanan berita internet. Dalam pengaksesannya kita dapat mengakses web Detik.com dan Republika.co.id di desktop kita ataupun dibrowser mobile. Namun dalam pengaksesan melalui web tidak sedikit user/pengakses kerepotan dalam mengakses berita, karena harus memasukkan alamat web pada browser kemudian cari. Tidak sedikit juga pengakses mengalami error browser dalam pengaksesan web penyedia layanan berita di internet tersebut ataupun web yang berat dalam pengaksesan membuat saldo internet cepat habis karena beratnya meload seluruh interface konten berita web tersebut. Untuk mengatasi hal ini Detik.com dan Republika membuat sebuah mobile aplikasi yang dapat didownload dan diinstall pada mobile handphone.
Mobile aplikasi ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam membaca berita yang ada pada konten web. Dengan file yang ringan untuk diinstall, selain mobilitas yang baik dalam penggunaannya, diharapkan aplikasi mobile ini dapat memberikan info-info/ berita yang lebih uptodate(terkini).
  1. Analisa Interface
Mobile Aplikasi Detik.com

  1. Pada tampilan awal, terdapat judul berita dan gambar konten yang sesuai dengan isi berita.

C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-230839.jpg

  1. Pada menu dropdown apabila di tekan akan muncul jenis berita yang ingin dibaca. Kemudian apabila menu berita di tekan, akan muncul sub-sub berita yang termuat didalamnya atau yang berhubungan dengan jenis berita yang ditekan. Pada menu detik.com memuat konten yang direkomendasikan untuk pembaca antara lain, berita utama, berita popular, berita dengan komentar terbanyak serta berita mengenai gaya hidup.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-230852.jpg
  1. Kemudian pada icon “Gear” option terdapat tombol login untuk masuk kedalam forum konten berita, dan beberapa pengaturan umum pendukung aplikasi, serta menyediaka fitur helpdesk support untuk memberi keluhan atau pertolongan pada email admin develop.

C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-230937.jpg
  1. DIbawah ini adalah jendela login, ada 3 cara untuk login kedalam forum konten yang pertama dengan menggunakan login akun Facebook, Gmail serta login user dari konten tersendir.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-230941.jpg

  1. Pada gambar kiri, merupakan sebuah konten/isi berita dan sebelah kanan adalah field komentar pengguna untuk menulis pesan/komentar pada konten tersebut
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-231145.jpgC:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-231222.jpg
  1. Pada bagian bawah konten berita, terdapat berita lain yang di rekomendasikan dan berita-berita terkait yang disarankan pihak pelayanan kepada pembaca.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-231241.jpgC:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-231300.jpg

Mobile Aplikasi Republika
  1. Sama seperti Detik.com pada tampilan beranda aplikasi, disediakan nama berita yang baru saja diunggah penyedia dan gambar konten.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232428.jpg

  1. Pada icon menu, selain tab menu berita terkini, terpopuler, headline, terkomentari, unggulan, terdapat fitur bookmark bagi pembaca serta fitur jadwal waktu subuh harian.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232630.jpg
  1. Kemudian pada icon setting symbol “gear terdapat tombol login agar dapat masuk kedalam konten berita serta dapat mengomentari isi berita tersebut dan ada beberapa fitur fitur pendukung mobile aplikasi.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232919.jpg
  1. Pada bagian paling bawah setting, terdapat helpdesk berupa email developer untuk menghubungi penyedia.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232923.jpg
  1. Kemudian apabila tombol login ditekan, akan masuk kedalam tampilan login dari aplikasi tersebut. Bagi pembaca yang belum mempunyai akun republic, untuk dapat masuk kedalam forum konten berita, pembaca diwajibkan mendaftarkan diri.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232929.jpg
  1. Terakhir adalah gambar tampilan konten berit, pada menu sisi sebelah kanan. Terdapat fitur Share untuk menyebarkan berita ke media sosial, komentar untuk mengomentari, bookmark untuk menandai judul yang dibaca sewaktu-waktu.
C:\Users\puji\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_20170329-232945.jpg
  1. Desain Tampilan

Mobile Aplikasi Detik.com

Desain Grafik : Pada tampilan awal, pembaca akan dihadapi oleh beranda, dimana pada beranda terdapat judul berita dan gambar kontennya. Berbeda dengan aplikasi lain. Dimana pada awal page telah menyediakan login dan password, detik.com meletakkan halaman login pada pilihan menu setting.

Menu Utama : pada bagian menu utama, detik.com menyediakan banyak sekali pilihan sub menu untuk memilah jenis berita yang ingin di baca. Sub menu lebih tersusun apabila di bandingkan degnan republika.

Pemilihan Warna : Detik.com mengadopsi color theme berwarna biru tua, dimana warna ini lebih dominan dibandingkan warna lainnya

Desain Icon : Dibuat dengan icon button text, bukan dengan gambar animasi untuk mewakili icon.
Font : Pada font, detik.com secara otomatis mengikuti bentuk font yang dipakai oleh handphone

Mobile Aplikasi Republika

Desain Grafik : Sama seperti detik.com pada tampilan awal, pembaca akan dihadapi oleh beranda, dimana pada beranda terdapat judul berita dan gambar kontennya. Halaman login diletakkan pada bagian setting > Login.

Menu Utama : Untuk mengakses menu utama, icon diletakkan pada bagian pojok kiri atas, disana akan tampil penanda batas waktu solat, pilihan berita terkini, terpopuler, headline, terkomentari, unggulan maupun bookmark. Kemudian tepat dibawahnya terdapat kanal jenis-jenis berita yang disajikan

Pemilihan Warna : Pada nama republika.com warna khas yang dipakai adalah merah, namun untuk bagian menu utama didominasi warna putih, warna ini mengikuti tampilan layout pada situs web beritanya.

Desain Icon : Dibuat dengan icon button text, bukan dengan gambar animasi untuk mewakili icon.

Font : Pada font, reublika secara otomatis mengikuti bentuk font yang dipakai oleh handphone

  1. Analisis Desain Dialog

Pada interface desain dialog kedua penyedia layanan berita aplikasi mobile  ini susah menggunakan Direct Manipulation dan WMIP, jadi dengan demikian mobile aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat ramah dan mudah digunakan oleh pembaca dalam mengakses segala konten berita yang ada.

  1. Penganganan Kesalahan & Help-Dokumentasi

Detik.com dan Republika pada menu setting, keduanya menyediakan layanan bagi pembaca dalam pengaduan/pertanyaan pada pihak developer, apabila menu help dokumentasi di tekan, kedua mobile aplikasi ini memberikan kontak email yang dapat dihubungi sebagai help-desk.


Minggu, 19 Maret 2017

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (TUGAS)



Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer


Interaksi Manusia dan Komputer atau dalam bahasa lain disebut human–computer interaction (HCI) merupakan ilmu yang mempelajari hubungan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia. HCI pada prinsipnya melibatkan tiga komponen yaitu, pengguna, interaksi dan sistem yang ada di komputer itu sendiri sehingga membuat sebuah sistem  agar dapat berkomunikasi(dialog) dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Bukan hanya berfokus pada perancangan layout tampilan layar pada monitor user melainkan dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used.
Image result for interaksi manusia dan komputer
Seperti yang kita ketahui bahwa prinsip kerja pada sebuah sistem komputer yaitu masukan, proses, dan keluaran. 
1. Input Unit/Masukan: Yaitu bagian yang menerima dan memasukkan data dan instruksi.
2. CPU/Proses: Yaitu bagian yang melaksanakan dan mengatur intsruksi, termasuk menghitung dammembandingkan.
3. Memory: Yaitu bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi.
4.Output Unit/Keluaran: Yaitu bagian yang berfungsi mengeluarkan hasil proses.

Ketika kita bekerja pada sebuah sistem komputer, secara tidak sadar bahwa kita sedang berinteraksi dengan komputer tersebut. Begitu pun dengan komputer itu sendiri juga melakukan interaksi terhadap kita. Tetapi komputer baru akan berinteraksi ketika kita memberikan instruksi atau memasukkan data terhadap komputer tersebut. Dan sebaliknya komputer tidak akan berinteraksi jika kita tidak memberikan instruksi atau memasukkan data.
            Dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon.


 Bidang – Bidang Yang Berkaitan Dengan Interaksi Manusia Dan Komputer
  • Teknik Elektronika. Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
  • Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
  • Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
  •  Ilmu Bahasa. Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa,  apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer.
  • Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
  • Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
  • Desain grafis dan tipografi. Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Prinsip – Prinsip Yang Terkait Dalam Interaksi Manusia Dan Komputer

1.     User Compatibility. Seorang perancang sistem harus benar-benar paham tentang pengetahuan, cara berpikir dan cara menerima informasi dari user sehingga sistem yang nantinya akan digunakan oleh userdapat membuat user lebih produktif. Dan yang harus diperhatikan juga adalah bahwa perancang (designer) atau developer tidak sama dengan user.
2.       Product Compability. Selalu memperhatikan dan mempertahankan kompatibilitas antar produk, misalnya mampu mengorbankan User Interface yang memungkinkan sistem lebih kompatibel.
3.     Task Compatibility. Rancanglah interface sistem sesua dengan tugas dari user, jangan samapi user kesulitan untuk menggunakannya, karena hal ini dapat menyebabkan aplikasi yang kita buat tidak akan terpakai dan akhirnya tidak dapat membantu pekerjaan / tugas user.
4.       Work Flow Compatibility. Selalu mengorganisasikan setiap fungsinya sesuai dengan kategori fungsinya sehingga dapat memfasilitasi sega perubahan tugas user.
5.     Consistency. Prinsip ini sudah jelas, bahwa sistem harus  konsisten terhadap fungsionalitas / kegunaan dari sistem tersebut. Contoh sederhananya adalah ketika user menekan tombol “save” maka proses yang terjadi adalah penyimpanan bukan hapus data.
6.       Familiarity. Gunakanlah konsep, terminologi dan pengaturannya yang mudah dipahami oleh user. Seperti ikon atau gambar “Recycle Bin” pada Sistem Operasi Windows, ini membuktikan bahwa fokususer terhadap gambar tersebut adalah file-file yang sudah dihapus sebelumnya.
7.       Simplicity. Kompleksitas suatu aplikasi akan menimbulkan frustasi pada user itu sendiri, maka dari itu gunakan system default pada aplikasi yang dirancang. Maksudnya adalah sediakan dan utamakanlah fungsi – fungsi yang benar-benar sesuai dengan tugas dari user. Usahakan agar tidak menampilkan semua fungsionalitasnya.
8.       Direct Manipulation. Maksud dari prinsip ini adalah user dapat langsung menyaksikan aksi sistem pada suatu objek. Contoh sederhana, pada saat kita menekan mengetikkan huruf “A” maka di layar akan langsung muncul huruf “A”.
9.       Control. System yang digunakan oleh user jangan sampai membuat user merasa frustasi dan dikontrol oleh user.
10.  WYSIWYG (What You See Is What You Get) artinya adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printed-output atau file.
11.  Flexibility. Prinsip ini merupakan yang sangat penting bagi user dengan keterbatasan fisik.
12.  Responsiveness. System harus selalu merespon dengan cepat apa yang di inputkan oleh user.
13.    Invisible Technology. Menyembunyikan detail teknis dari suatu sitem merupakan hal yang sangat direkomendasikan dalam membuat User Interface. Sehingga user tidak memiliki rasa khawatir dan ketakutan untuk menggunakan aplikasinya.
14.    Robutness. Sistem harus mampu mentolerir kesalahan manusia baik disengaja maupun tidak disengaja dan yang umunya tidak dapat dihindari. Menyediakan Recovery System merupakan hal yang baik untuk mengimplementasikan prinsip ini.
15.    Protection. pada prinsip ini sistem seharusnya memproteksi kesalahan-kesalahan umum manusia. Seperti pada saat kita menutup lembar kerja Microsoft Office yang belum kita simpan sebelumnya, maka Office akan secara otomatis memberikan konfirmasi untuk menyimpannya atau tidak
16.  Ease of Learning & Ease of UseBuatlah sistem yang mudah dipelajari bagi user novice (awam). Hal ini akan memberikan motivasi kepada user tersebut untuk menggunakannya.


Sumber : http://www.pendidikanku.org/2015/08/pengertian-interaksi-manusia-dan-komputer.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer