Surat bisnis mempunyai bagian, bagian yang dimaksud merupakan bagian penting surat yang harus di cantumkan maupun ada beberapa bagian yang bersifat pilihan (tidak masalah bila tidak di cantumkan).
Bagian-bagian penting pada surat dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu formal parts dan body.
Dibawah ini bagian dari skema surat :
Formal Parts
- Heading (LetterHead)[Kop Surat]
- Reference Line
- Date [Tanggal]
- Inside address [Alamat yang diuju]
- Salutation [Salam Pembuka]
- Complimentary Close [Salam Penutup]
- Signature [Tanda Tangan]
Body
- Opening [Pembukaan]
- Message [Pesan]
- Closing [Penutup]
Other Parts
- Reference [Referensi]
- Subject Heading [Pokok Surat]
- Attention Line [Garis Bawah]
- Enclosure Copies [Lampiran]
- Postcript [Salinan]
- Mailing Intruction [Petunjuk Pengiriman
Merupakan identitas yang berisi logo, nama, alamat dan telepon dari pengirim
surat.
Contoh kop surat :
Contoh kop surat :
2.
Reference Line
Didalam surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat diatas date.
Contoh : Your ref : 22 March 2004
Our Ref : BS/KF
Didalam surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat diatas date.
Contoh : Your ref : 22 March 2004
Our Ref : BS/KF
3.
Date Line ( Tanggal )
Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012.
Contoh penulisan date menggunakan British Style
03rd April 1990
Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya saja pada tanggal ditambahkan akhiran bilangan bertingkat. Posisi date pada British Style ditempatkan di sebelah kanan atas surat.
Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012.
Contoh penulisan date menggunakan British Style
03rd April 1990
Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya saja pada tanggal ditambahkan akhiran bilangan bertingkat. Posisi date pada British Style ditempatkan di sebelah kanan atas surat.
Contoh penulisan date menggunakan American Style
April 03, 1990
Penulisan date menggunakan American Style ditempatkan di sebelah kiri atas surat dengan format Month Date, Year.
Penulisan date menggunakan American Style ditempatkan di sebelah kiri atas surat dengan format Month Date, Year.
4.
Inside Address
Bagian ini berisi nama penerimaan surat,
jabatanya, dan nama perusahaannya disertai alamatnya. Jika kamu tidak yakin
untuk siapa (nama) surat tersebut ditujukan, jangan kosongkan, tetapi coba
untuk mengunakan jabatannya, seperti “Director of Human Resources”. Beri jarak
antara tanggal dengan penerima.
5.
Attention Line
Sebuah Alternatif untuk menempatkan penerima surat.
Sebuah Alternatif untuk menempatkan penerima surat.
6.
Solutition (Salam Pembuka)
Dalam bagian ini, istilah yang digunakan
adalah “Dear Mr./Mrs./Ms. (nama terakhir penerimaan)”, misalkan “Dear Mr.
Fathoni”. Tetapi jika nama penerimanya tidak dikethui, tulis nama
departementnya, misalkan “Dear Director of Department of Human Resource”. Beri
jarak antara salam pembuka dengan isi.
Untuk Mitra bisnis yang sudah saling akrab
biasanya menuliskan dengan “Dear Sue”
Penggunaan tanda baca pada salutation menggunakan British Style dituliskan tanpa tanda baca (titik koma atau koma) dan dalam American Style menggunakan tanda titik dua.
Dear Mr Krisman => contoh dalam British Style
Dear Mr. Krisman: => contoh dalam American Style
Penggunaan tanda baca pada salutation menggunakan British Style dituliskan tanpa tanda baca (titik koma atau koma) dan dalam American Style menggunakan tanda titik dua.
Dear Mr Krisman => contoh dalam British Style
Dear Mr. Krisman: => contoh dalam American Style
7.Subject
Line (Perihal)
Perihal membuat penerima surat lebih mudah
menemukan maksud dari surat tersebut, misalnya Invitation, Apology, dan lain
sebagainya. Ini merupakan bagian optional dari business letter, artinya kita
bisa mencantumkannya atau tidak.Penulisan subject menggunakan British Style:
Subject ditempatkan diantara salutation dan isi surat.
Penulisan subject menggunakan American Style:
Subject ditempatkan diatas salutation.
8.
Body Of Letter ( Isi Surat )
Isi surat merupakan tempat dimana kamu
menuliskan hal yang ingin disampaikan. Paragraph di isi surat harus menggunakan
spasi tunggal (single space) dan tanpa adanya jarak pemisah antara masing-masing
paragrap. Beri jarak antara bagian akhir isi dengan penutup.
9.
Complimentary Close ( Salam Penutup )
Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda telah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebagainya. Catat, Terdapat sebuah koma di akhir penutup dan hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital. Beri jarak 3-4 baris antara penutup dengan nama, yang nantinya diguankan untuk tempat tanda tangan.
Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda telah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebagainya. Catat, Terdapat sebuah koma di akhir penutup dan hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital. Beri jarak 3-4 baris antara penutup dengan nama, yang nantinya diguankan untuk tempat tanda tangan.
10.
Signature ( Tanda Tangan )
Bagian ini adalah tanda tangan penulis,
biasanya menggunakan tinta warna hitam atau biru.
11.
Enclosure ( Lampiran )
Jika sebuah surat berisi dokument atau
lampiran lain selain surat tersebut, penulis haru menampilakan jumlah lampiran
tersebut yaitu dengan menggunakan “Enclosure (jumah lampiran)”, misalkan
“Enclosure (6)”.
12.
Carbon Copy Natation ( Tembusan Surat ).
Bagian ini digunakan untuk menginformasikan kepada penerima surat, bahwa surat tersebut juga dikirimkan kepada pihak yang perlu mengetahui isi surat. CC ditempatkan di kiri bawah surat.
Contoh : CC : Bagian Keuangan
Bagian ini digunakan untuk menginformasikan kepada penerima surat, bahwa surat tersebut juga dikirimkan kepada pihak yang perlu mengetahui isi surat. CC ditempatkan di kiri bawah surat.
Contoh : CC : Bagian Keuangan
Surat bisnis adalah komunikasi formal antara
kertas, atau bisnis dan biasanya dikirim melalui Kantor Pos atau
kadang-kadang oleh kurir. Surat bisnis kadang-kadang disebut “mail” (sebagai
lawan dari email yang lebih cepat). Adapun sebuah surat memiliki bagian-bagian
yakni :
-
Letter
Head (kepala surat)
Letter
Head atau biasa disebut dengan kepala surat. Terletak di paling atas dari sebuah
surat. Baik surat resmi untuk pemerintah atau perusahaan.
Kepala Surat tersebut berisikan nama perusahaan, alamat
perusahaan, nomor telepon, faksimili, e-mail perusahaan,
website perusahaan, logo perusahaan dll.
-
Date
(tanggal)
Tanggal
surat berfungsi untuk memberitahu kepada si penerima surat kapan surat
itu ditulis. Tanggal surat terletak di kanan atas pada surat pembaca.
Dalam penulisan tanggal nama bulan tidak boleh disingkat atau ditulis dengan
angka saja. Harus jelas danlengkap.Dalam penulisan tanggal dibedakan
menjadi dua jenis yaitu menggunakan gaya penulisan British style dan American
Style.
Contoh:
British style08th Desember 2011Gaya penulisan tanggal British style sama dengan gaya penulisan tanggal pada gaya Bahasa Indonesia. Hanya saja pada British style ditambahakan akhiran bilangan bertingkat seperti 1st, 2nd, 3rd, dst. Posisi tanggal terletak di kanan atas surat.
American styleSeptember 07, 2011Gaya penulisan tanggal American style nama bulan ditempatkan di posisi awal disusul tanggal diakhiri tanda koma dan tahun. Posisi tanggal terletak di kiri atas surat.
-
Inside
Addres (alamat yang dituju)
Berisikan
nama dan alamat yang dituju, terletak di bagian kiri atas sebuah surat.
Biasanya dalam penulisan
Inside
Address selain nama dan alamat penerima, disertakan juga nama lengkap beserta
jabatannya serta
kodepos
dan Negara yang dituju.
-
Salutation
(salam pembuka)
Salam pembuka terletak di bawah alamat dan sebelum isi
surat. berfungsi sebagai salam pembuka atau tanda hormat penulis. Salam pembuka
dituliskan di sebelah kiri. Huruf pertama awal kata ditulis huruf kapital,
sedangkan kata yang lain ditulis huruf kecil semua. Ada dua jenis salam pembuka
dalam penulisan surat yaitu British style, dan American style.
Contoh :
British style : Dear Sir, Dear Miss, Dear Mrs. American style : Dear Sir
Body of the Letter (isi surat)
Isi
surat merupakan bagian dari pokok surat berisi pesan atau informasi yang
penulis ingin sampaikan secara detail. Pesan yang tertulis dalam
surat haruslah jelas dan langsung pada pokok permasalahan yang akan dibahas.
Salam
penutup dari sebuah isi surat berfungsi untuk menunjukkan rasa hormat penulis.
Huruf awal kata salam penutup ditulis dengan huruf kapital, sedangkan kata yang
lainnya ditulis dengan huruf kecil. Sesudah salam penutup dibubuhkan tanda
koma. Salam penutup biasanya berupa kalimat “Yours Faithfully” ,” Yours Truly”,
“Yours Sincerely”. Salam penutup dibagi menjadi dua tipe yaitu Britsh style dan
American style.
Contoh :
Britsh style : Dear Madam, Dear Sirs, Dear Mr, Dear Miss, Dear Mrs, Yours Sincerely, Sincerely, With Best Wishes. American style : Sir, Madam, Gentlemen, Your Obedient Servant, Sincerely Yours.
-
Signature
and Writer’s Identification (tanda tangan dan nama penulis)
Berupa
tanda tangan penulis terletak pada sisi kanan bawah pembaca surat., beserta
nama jelas penulis surat. Di cantumkan di bawah tanda tangan dengan huruf awal
ditulis dengan huruf capital, tanpa diberi tanda kurung.
Sumber : https://turkibluedexter.wordpress.com/2013/10/01/bahasa-inggris-bisnis-1-part-of-business-letter-and-style-of-business-letter/